Rabu, 10 Juli 2013

ImAm TaRaWiH "ngebut benjut, alon ngantuk"

alkisah...
Pada sholat tarawih pertama kemarin, saya di-imami oleh imam faforit. Bukannya seneng, yang ada malah saya kecewa. Gimana enggak? biasanya beliau itu bacaannya tenang, jadi saya sebagai makmum pun nyaman sholatnya, bacaannya juga biasanya tartil. Eh giliran jadi imam tarawih kayak dikejar-kejar hansip. Ngebut banget, mana  nabrak pager panjang-pendek sama nabrak pagar ikhfa' lagi. Ugh! aku sholat tapi hatiku jadi ngomel-ngomel sendiri deh!

Gini, aku sih terus mikir. Atau karena agar jamaah tidak ngantuk ya? dan kayaknya jamaah pun kebanyakan pengene yang imame cepet. Apa mungkin imame takut jamaah ngantuk njuk akhirnya bacaannya di percepat? Kalaupun begitu.... ya gimana ya? Kadang emang jadi imam harus liat kondisi jamaah sih. Kalaupun jamaah sekiranya mampu diajak pelan dengan bacaan yang panjang si gak masalah. Kalau yang gak bisa lama-lama itu yang repot.. (nek aku dewe ketoe yo sing sedang-sedang saja.... kon cepet banget yo emoh. kon sak roka'at sak juz yo koyoe urung kuat.....hehehehe)

Saran aja sih, (kalo bisa dipake ya syukur, kalo enggak ya nggak papa, yang penting saya udah sampaikan uneg-uneg saya.. ^^). Mungkin untuk kasus yang gak bisa diajak lama, imam sholat bisa membaca surat pendek atau ayat pendek saja. Toh membaca 1 ayat juga insya Alloh sudah sah kan?? Yang pasti harus dengan bacaan tartil dan memperhatikan hukum tajwidnya. Dari pada baca ayat agak panjang dengan ngebut-ngebut dan nabrak sana-sini. Kan gawat tuh,,, bisa-bisa njur benjut tooo?? 

Nah... itu uneg2 dan saran saya. Bagaimana tanggapan temen2 semua?? apakah saran ini bisa diterima??? =D

2 komentar:

  1. Saya juga serba salah kalau musim puasa seperti ini mbak, mau ikut tarawih kayak gitu, nggak tarawih sholat sendiri kurang mantab, memang sih jaman nabi ga ada sholat tarawih, hehe...

    BalasHapus

  2. tapi... sepertinya tetap lebih baik ikut berjamaah.... =)

    BalasHapus