Selasa, 09 Oktober 2012

CupLiKaN juduLnya "ModeL PeNgaSuHan AyaH"

Tadi malem aku baca di buletin 'Yaa Bunayya' nemu artikel ini..dan aku suka,, so aku publikasikan ke kalian dehh...

Diantara Model Pengasuhan Ayah versi 'Yaa Bunayya' yaitu :
1. TIPE AYAH BOM WAKTU
     Cenderung temperamental, perfeksionis, menginginkan kesempurnaan anak. Anak salah seringnya   dimarahi dan dihukum. Obrolan sama ayah gak jauh-jauh dari prestasi sekolah.
     Dampak bagi si anak>> merasa kurang nyaman, gak mudah percaya sama orang lain, terutama dalam pergaulan dan tempat kerja.
2. TIPE AYAH ACUH TAK ACUH
     Cuek terhadap kebutuhan anak-anaknya, cuek terhadap permasalahan anak terutama pada kebutuhan psikis. Ayah tipe ini merasa tanggungjawab utamanya adalah menjalankan peran sebagai tulang punggung alias pencari nafkah. oleh sebab itu, sang ayah cuek dan enggan memantau perkembangan fisik, mental, dan emosi anak-anaknya, karena menganggap sang ibunyalah yang bertanggungjawab dan memegang peranan penting dalam tugas ini.
     Dampaknya>> ayah tipe ini akan mempengaruhi perkembangan anak, dalam arti sang ayah kurang mengenalkan anaknya pada kesulitan dan tantangan yang mungkin banyak ditemui diluar rumah.
3. TIPE AYAH PEMBIMBING
     ini adalah tipe ayah ideal. Ayah yang selalu bersikap penuh kehangatan dalam mendidik anaknya. Ia memiliki metode pendekatan dengan cara membimbing anak-anaknya agar mau belajar dan meningkatkan kualitas. Ayah pembimbing selalu perhatian kepada anaknya. Ayah tipe ini juga senang meningkatkan pergaulannya agar bisa lebih terlibat dalam kegiatan anak-anaknya. Ayah tipe ini juga selalu 'melek' teknologi supaya dapat mengikuti zaman yang pada akhirnya dapat mendekatkan dirinya dengan anak-anaknya.

Demikian tadi ulasan model bimbingan ayah versi 'Yaa Bunayya'.
Wahai para ayah,,,termasuk tipe manakah anda? Jika anda masih dalam kategori tipe pertama atau tipe kedua aku sarankan agar sedikit demi sedikit berubah dan lebih banyak berkomunikasi dengan anak yaa... Karena aku pikir semua anak di dunia ini tentu berharap mempunyai seorang ayah dengan tipe ketiga. ^^
Wahai para anak,,,termasuk tipe manakah ayah anda? jika ayah anda tipe 1 & 2 maka tetaplah bersyukur, anda masih beruntung memiliki seorang ayah, banyak disekitar kita anak hanya hidup dengan seorang ibu saja. Jangan pernah mengeluh hanya karena mempunyai ayah yang perfeksionis atau acuh tak acuh karena berkeluh kesah pada nasib hanya akan membuat duka nestapa sepanjang masa. Sayangi ayah yang perfeksionis karena adanya beliau membuat kita berlatih untuk bekerja keras. Sayangi ayah yang selama ini mungkin anda anggap acuh terhadap anda, karena sesungguhnya jika anda merasakannya, dalam sikap acuhnya itu tersimpan rasa sayang yang dalam terhadap anda. Berfikirlah positif terhadap ayah kita.
Untuk anda yang memiliki ayah tipe 3, sayangilah ayah anda. Anda beruntung. Jangan pernah bikin dia kecewa.
Wahai para calon ayah,,,belajar jadi tipe ayah pembimbing mulai dari sekarang yaaa.....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar